Latest Event Updates

Rindu Yang Terus Membara

Posted on

DSC09657Ketika masih duduk dibangku SMA, saya suka heran dengan Emak sama Emang (Nenek dan Kakek) yang  menangis saat nonton siaran langsung Solat Idul Adha dari Masjidil Haram. Padahal beliau sudah pernah menunaikan ibadah haji tapi kok masih aja mengharu biru jika melihat siaran itu. Menurut saya, harusnya yang menangis itu adalah orang yang belum pernah menginjakkan kaki ke Baitullah. Tangisan rindu yang tak tersampaikan.

Sambil menangis Emak berkata “Masih terbayang-bayang dipelupuk mata ketika melakukan tawaf mengelilingi Ka’bah, berlari-lari kecil saat sa’i.” Lalu Emak akan kembali bercerita¬† tentang pengalamannya berhaji secara lengkap. Cerita Emak itu sering diulang-ulangnya tapi saya tidak pernah bosan mendengarnya. Diujung cerita Emak selalu ngomong “Kalau ada rejeki dan kesempatan lagi, saya ingin kembali ke Baitullah.”

Bukan cuma Emak dan Emang yang berkata begitu. Hampir setiap orang yang pulang haji selalu berucap bahwa ingin kembali lagi kesana. Entah berhaji lagi atau umroh. Sepertinya ada magnet kuat yang menarik orang untuk kembali lagi ke Baitullah. Badannya di Indonesia tapi hati dan jiwa selalu merindu untuk datang lagi sebagai tamu Allah.

DSC09556DSC09557DSC09534

Dan ketika saya bersama suami diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah haji di tahun 2013, saya baru tau kenapa orang-orang yang sudah pernah berhaji atau umroh selalu ingin mengulang kembali. Ada kenikmatan beribadah yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Hanya bisa dirasakan dan dinikmati.

DSC09538DSC09558DSC09635

Dan malam ini ketika menonton tayangan live event wukuf di Arafah, tangisan rindu kembali pecah. Hanya mampu berdoa semoga diberi kesempatan untuk menjadi tamu Allah lagi.

 

Advertisements

Aktivitas Pak Suami Di Hari Libur

Posted on

1442794802521

Bagi sebagian orang, hari libur itu sebuah hari untuk bersantai ria. Bisa berleyeh-leyeh seharian atau melakukan hobi. Beda dengan suami saya. Kalo dia kebanyakan nyantai dan tiduran, badannya suka sakit. Malamnya ga bisa tidur. Pokoknya dia itu harus ngerjain sesuatu pas libur. Dulu waktu masih tinggal di Palembang, sabtu dan minggu adalah jadwalnya pak suami untuk memancing bersama temannya dan sodara-sodara saya. Tempat mancingnya pun beragam, dari rawa-rawa, sungai sampai ke laut. Read the rest of this entry »

Tentang Mengajar Dari Hati

Posted on

amma“Bu, Mamas enak banget ngajinya tiga kali. Mbak ngajinya cuma dua kali. Habis subuh sama sebelum ashar aja. Mbak, mau ikut Ayah ngaji juga biar sama kayak Mamas,”kata Nuha dengan derai air mata.

Read the rest of this entry »

Tetap Sehat di Musim Kabut Asap

Posted on Updated on

IMG_20150909_180357
Meme yang banyak beredar di sosmed tentang dampak kabut asap di Palembang

Musim di Indonesia sekarang ini tidak hanya musim kemarau dan penghujan saja. Tapi sudah nambah dua musim lagi yaitu banjir dan kabut asap. Banjir selalu berdampingan dengan penghujan. Sementara kemarau selalu ditemani dengan kabut asap.

Read the rest of this entry »

Awas Penyakit ‘Ain Pada Anak

Posted on Updated on

Pernah ga sih mendengar larangan orangtua agar tidak terlalu memuja muji anak? Kalo saya sih sering banget. Setiap kali saya memuji anak, mama atau mama mertua selalu mengingatkan larangan itu. Kalo saya tanya kenapa ga boleh, double mama cuma bilang terlalu memuji ga baik buat anak. Lebih baik kalo didepan anak itu ngomong kebalikannya. Anak yang ganteng dibilang jelek, yang gemuk dibilang kurus, wangi dibilang bau.

Read the rest of this entry »

Hati Yang Bersyukur Adalah Berkah Terindah

Posted on Updated on

Kalo disodori pertanyaan, apa berkah terindah dalam hidup, maka jawabannya akan beragam. Umumnya list jawabannya adalah punya suami yang baik dan mapan, punya anak yang soleh, bisa menghantarkan anak sampai ke jenjang sarjana, punya rumah serta kendaraan, bisa pergi haji, dan…dikaruniai badan yang sehat. Lalu apakah orang yang belum kunjung ketemu jodoh atau belum dikaruniai anak, berstatus kontraktor alias tiap tahun kontrak rumah terus, belum bisa pergi haji ato sedang dalam keadaan sakit, hidupnya itu menjadi kurang berkah dan indah?

Read the rest of this entry »

Asyiknya Berenang di Sungai Lem

Posted on Updated on

106_0537

Baiknya tinggal di kota kecil seperti Lahat, saya tidak perlu memasukkan dana entertain dalam anggaran belanja dan itu membahagiakan*secara emak hemat* Soalnya disini tidak ada mall, bioskop ataupun waterboom. Jadi ga perlu takut dengan godaan sale di mall, ya kan? Read the rest of this entry »