Kompak Terkena Campak

Posted on

img_20141008_065555_wm
Dzaki menikmati pagi di taman RS DKT Lahat

Tak putus dirundung campak mungkin kalimat yang tepat untuk menggambarkan kondisi ketiga anak saya yang kompak terkena campak. Satu anak yang kena aja sudah bikin puyeng kepala apalagi kalo ketiga-tiganya yang kena. Hm…betul-betul syesuatuuu..

Awalnya, Nuha hanya batuk kering saja. Saya pikir itu dikarenakan Nuha jajan sembarangan makanya batuk. Untuk meredakan batuknya, saya memberinya obat tradisional. Air jeruk nipis yang dikasih madu. Biasanya beberapa hari kemudian akan berkurang dan hilang. Tapi ini batuknya makin menjadi dan badannya jadi demam. Suhu badannya mencapai 40 derajat celcius.

Saya memberinya obat penurun panas tapi demamnya tidak turun juga. Dua hari kemudian malah keluar bercak-bercak merah di badannya. Mulutnya juga kena sariawan sehingga Nuha ga nafsu makan dan badannya jadi lemas. Karena khawatir liat kondisinya makin lemah, maka dibawa ke rs dan dokter memutuskan untuk rawat inap karema positif terkena campak.

img_20140930_083137_wm
Nuha bisa tersenyum manis walo matanya masih agak bengkak

Seminggu Nuha harus menjalani rawat inap di rs. Pas keluar dari rs, dirumah Aflah dan Dzaki demam tinggi. Dikasih air dogan kelapa hijau, muncul bintik2 merah disekujur tubuhnya. Pas saya cek, dibelakang telinganya juga muncul bintik merah. Positif campak juga.

Awalnya, Aflah sama Dzaki mau dirawat dirumah saja. Cuma karena Aflah terkena diare hebat yang membuat badannya makin lemas, mau ga mau harus diopname. Disuruh banyak minum buat menggantikan cairan tubuhnya yang hilang, dia tidak mau. Karena tenggorokannya sakit dan mulutnya sariawan. Kondisi Dzaki juga sama. Matanya merah, mulutnya penuh sariawan dan mimisan yang lumayan banyak.

Pas diopname, saya minta agar kedua anak saya itu disatukan ruangan perawatannya. Biar ga repot mengurusinya.

img_20141011_073322_wm
Muka dan sekujur badan Aflah dipenuhi ruam merah

Ini pertama kalinya anak-anak terkena campak dan sekalinya kena itu bergiliran. Biar keliatan kompaknya he..he..

Ternyata penyakit campak itu sangat menular. Penularannya itu bisa dari menghirup percikan ludah si penderita. Pantas aja Aflah sama Dzaki ketularan karena mereka suka minum dari gelas yang dipakai sama Nuha. Sementara saya dan suami ga ketularan karena saat masih kecil pernah terkena campak. Jadi, sudah punya kekebalan alami buat seumur hidup.

Campak atau measles disebabkan oleh virus campak yang ditandai dengan gejala demam, batuk, peradangan selaput ikat mata dan munculnya ruam merah disekujur tubuh. Beberapa kasus diikuti dengan diare hebat dan mimisan.

Ruam merah yang menjadi pembeda penyakit campak dengan penyakit lain seperti DBD adalah setelah beberapa hari munculnya ruam merah di seluruh tubuh maka ruam itu akan menjadi hitam dan mengelupas dengan sendirinya.

img_20141009_121647_wm
Biar bisa dirawat disatu ruangan, terpaksa harus turun ke kelas dua

Berikut tips untuk menangani anak yang terkena penyakit campak :

  • Isolasi anak yang terkena campak. Pisahkan wadah makan dan minumnya.
  • Beri minum air putih yang banyak biar anak tidak terkena dehidrasi. Bisa juga dengan memberi air dogan kelapa muda yang menggantikan ion tubuh yang hilang.
  • Jika ana
  • Karena campak disebabkan oleh virus maka perkuat daya tahan tubuh anak dengan memberi multi vitamin, madu dan telur ayam kampung.
  • Saat badan anak demam tinggi yang perlu diwaspadai bagi orangtua adalah anak terkena setep atau mimisan. Jika anak pernah punya riwayat setep atau kejang saat demam tinggi maka berilah obat penurun panas setiap beberapa jam sekali agar demamnya turun.
  • Mandikan anak seperti biasanya. Mitos yang mengatakan bahwa kalo anak yang terkena campak tidak boleh dimandikan itu tidak benar. Menurut dokter anak yang merawat ketiga anak saya, jika anak tidak dimandikan bisa terjangkiti penyakit yang lain karena badan anak kotor.
  • Saat ruam merah menghitam, cegah anak2 untuk menggaruknya karena itu bisa menimbulkan bekas dikulit. Fase ini memang buat ga nyaman anak karena sekujur tubuhnya terasa gatal. Untuk menghilangkan rasa gatalnya, kulit anak dikasih bedak salicyl.
  • Buat para ibu dan bapak yang disibukkan merawat anak yang sakit, please….jangan lupa perhatikan kondisi tubuh biar ga ikutan drop juga. Minum vitamin dan perhatikan asupan makan dan minum biar badan bisa diajak begadang untuk menjaga anak.

Anak yang terkena campak bisa dirawat sendiri dirumah jika anak masih bisa dan mau makan serta minum yang banyak sehingga tidak dehidrasi, anak tidak terkena diare hebat juga tidak setep saat panas tinggi. Tapi kalo anak sudah terlihat lemas, segeralah bawa anak ke rumah sakit terdekat.

 

cooltext119061551120283

Advertisements

3 thoughts on “Kompak Terkena Campak

    fernanindhita said:
    December 17, 2016 at 2:37 pm

    Sama mba, anakku jg pnh kena campak bergantian. Pdhl cuci bajunya ud dipisah, semua yg disentuh dicuci dettol, di isolasi jg, tp tetep aja kompakan pd kena campak. Semoga putra-putrinya sehat selalu ya. Salam kenal.

      Emi Afrilia responded:
      December 18, 2016 at 3:37 am

      Mungkin penularannya dari udara. Kalo penyakit yang disebabkan oleh virus memang cepat sekali menular..Yang penting sekarang anaknya sudah sehatkan mbak?

    fitri anita said:
    December 19, 2016 at 6:02 am

    bulan lalu juga gantian pada kena ca,pak Mba, satu anak yg kecil, nular ke ayahnya, nular ke neneknya, nular ke Omnya..

    lebih berat saat orang dewasa yg terkena..

    Moga2 anak2 sehat2 terus ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s