Aktivitas Pak Suami Di Hari Libur

Posted on

1442794802521

Bagi sebagian orang, hari libur itu sebuah hari untuk bersantai ria. Bisa berleyeh-leyeh seharian atau melakukan hobi. Beda dengan suami saya. Kalo dia kebanyakan nyantai dan tiduran, badannya suka sakit. Malamnya ga bisa tidur. Pokoknya dia itu harus ngerjain sesuatu pas libur. Dulu waktu masih tinggal di Palembang, sabtu dan minggu adalah jadwalnya pak suami untuk memancing bersama temannya dan sodara-sodara saya. Tempat mancingnya pun beragam, dari rawa-rawa, sungai sampai ke laut.

Iya, suami mancingnya kebanyakan bersama sodara saya. Soalnya keluarga besar saya itu mancing mania banget. Mulai dari almarhum papa, adik, om sampai sepupu itu doyan banget dengan yang namanya mancing. Kalo ngumpul keluarga besar yang diomongin selalu soal pancing memancing. Pas dapet suami, eh…hobinya mancing juga.

Saya ga pernah melarang suami untuk melakukan hobi mancingnya. Suami boleh memancing dengan beberapa persyaratan yang saya tetapkan. Pertama, kalo mancing di sungai ato di laut, ia harus memakai jaket pelampung. Soalnya suami itu ga bisa berenang. Kedua, harus memberi kabar kalo sudah nyampe di lokasi mancing. Biar saya ga khawatir. Lokasi mancingnya kan jauh-jauh. Ketiga, kalo dapat ikan, suami yang bertanggung jawab untuk membersihkan ikannya. Saya bagian memasaknya saja. Kan ga adil banget, dia senang-senang mancingnya, saya yang kebagian bersihkan ikan.

Saya pernah diajak suami ikutan mancing dan alhamdulillah…saya kapok ikut lagi he..he….Soalnya saya tidak menemukan dimana nikmatnya itu memancing. Duduk sambil memegang joran pancing dalam waktu yang lama itu bagi saya membosankan. Padahal menurut suami, kegiatan memancing itu bagus banget untuk melatih kesabaran dan emosi. Bersabar menunggu kapan umpan akan dimakan ikan. Dan ketika umpan disambar ikan, kita ga boleh emosian langsung menarik pancing. Tunggu beberapa saat baru bisa ditarik pancingnya.

Nah, sejak dipindahkan tugas ke daerah, suami ga bisa lagi melakukan hobi memancingnya. Selain ga ada teman yang bisa diajak memancing, tempat memancingnya juga ga ada atau ga tau. Suami ga suka memancing di kolam pemancingan. Katanya sensasi tarikan ikannya beda. Soalnya ikannya hasil peliharaan bukan ikan liar yang dibesarkan oleh alam. Jadi ikannya cenderung nurut dan ga ganas.

Suami pun beralih hobi memelihara burung. Di rumah ada lima ekor burung yang dipelihara. Ada kacer, kenari dan love bird. Hobi burung itu tidak memakan banyak waktu seperti halnya memancing. Paling lama satu jam waktu untuk mengurus si burung. Mulai dari memandikan, membersihkan kandang, memberi makan hingga menjemurnya saat pagi hari. Biasanya suami melakukannya sesudah mengantar anak ke sekolah.

IMG_20150912_084037
Sesudah dimandiin, burung pun harus dijemur di panas matahari pagi

Kalau hari libur, suami ga ada kerjaan. Sebelum saya bisa bermotor, dia suka menemani saya belanja mingguan ke pasar saat libur. Sesudah saya bisa bermotor, urusan ke pasar ga tergantung sama suami lagi. Nah, biar suami ga planga plongo karena ga ada yang dikerjakan, saya beri beliau kerjaan aja. Bantuin petik-petik sayuran sebelum dimasukin ke kulkas. Bersihin dan motongin ayam.

IMG_20150912_092752
Bantuin bersihin dan motongin ayam

Karena energinya masih banyak, saya buat aja adonan camilan telor gabus. Camilan yang terbuat dari telur ayam, tepung ketan dan parutan keju. Nah, pak suami yang diminta untuk mencetak dan menggorengnya sampai kelar. Soalnya beliau itu sabar dan telaten banget mengerjakannya. Mungkin karena dulu hobi mancing makanya sudah terbiasa dengan sabar. Beneran lho, urusan masak memasak yang perlu kesabaran dan ketelatenan, saya serahkan dengan suami. Contohnya aja kayak goreng pisang. Kalo saya yang menggoreng itu pake api yang besar biar pisangnya cepat matang dan berwarna coklat. Sementara kalo suami menggorengnya pake api sedang dan rajin dibolak balik. Hasilnya pisang buatan suami lebih renyah dan crispy dibandingkan buatan saya.

2015-09-13_15.45.16
Aksi suami dalam membuat telor gabus. Menggoreng sambil cemberut karena ga suka di foto

Kalo ga buat camilan, pas libur digunakan suami untuk membersihkan ac atau mencuci mobil. Lumayan banget kan ngirit ga perlu keluar uang untuk bersihkan dua ac atau cuci mobil. Hi..hi..punya suami yang banyak bisanya itu bikin kantong ga bolong.

Soal urusan bantuin kerjaan istri itu dilakukan suami tiap hari. Pagi-pagi saat saya sibuk menyiapkan sarapan, suami membantu menyapu rumah. Kalo liat rumah kotor, dia langsung nyapu. Ga peduli baru pulang kerja. Soalnya yang rajin buat rumah kotor itu burung-burung peliharaannya. Makanannya suka berceceran dilantai.

Sekarang ini suami lagi sibuk belajar untuk hidroponik. Kayaknya sih ini bakal jadi hobi barunya untuk mengisi waktu liburnya. Saya sih senang-senang aja. Toh hasilnya bisa bermanfaat buat keluarga. Dengan catatan, itu kalo beliau sukses dengan hidroponiknya he..he…

Ini cerita aktivitas suami saya mengisi hari liburnya, gimana dengan suami atau pasangan Anda? Bagi dong ceritanya

 

cooltext119061551182218

Advertisements

15 thoughts on “Aktivitas Pak Suami Di Hari Libur

    ratusya said:
    September 21, 2015 at 2:29 am

    Sama maakkk, akupun ga ngerti apa asyiknya mancing.
    Kecuali kalo ber AC, ada WiFi nya, ada kafenya, ada kursi malamnya. Hihihi

      Emi Afrilia responded:
      September 21, 2015 at 7:52 am

      Biar bisa ngeblog ya mak hi..hi..

    gustyanita pratiwi said:
    September 21, 2015 at 2:46 am

    suamiku klo libur malah bobok, waduhhhhh

      Emi Afrilia responded:
      September 21, 2015 at 7:51 am

      Kalo suami bobok kalo sdh kelar bantuin istri. Kalo ga ntar dicemberutin sm istri he..he..

    susindra said:
    September 21, 2015 at 3:26 am

    Alhamdulillah pak suami di sini juga rajin membantu cuci2 dan masak kalo senggang.

      Emi Afrilia responded:
      September 21, 2015 at 7:50 am

      Alhamdulillah…berarti sama kita ya mak. Toss dulu dong

    fitri3boys said:
    September 21, 2015 at 7:15 am

    weekend biasanya kita selalu bersma mba..ber5, ngemall ataupun cuma sekadar cuci mobil…

      Emi Afrilia responded:
      September 21, 2015 at 7:50 am

      Lahat kota kecil, mak. Disini ga ada mall. Jadi ga bisa ngemall pas libur. Makanya cari kesibukan biar ga bosen.

    Evrina Budiastuti said:
    September 22, 2015 at 5:30 am

    hahaha suaminya extra energi ya mbak, sama lho mbak saya juga gak ngerti bagian mana mancing itu dibilang asik, suami saya lebih senang stay di rumah kalo liburan mbak

    kania said:
    September 22, 2015 at 6:09 am

    kalo libur, suami pasti ingin istirahat di rumah atau main2 aja di rumah sama anak 🙂 padhl istrinya kadang pengen jalan 😀

    Winda Carmelita said:
    September 22, 2015 at 6:59 am

    Emang bener mak, kalo punya hobi hidup jadi nggak membosankan hihihi.. Aku mau telor gabusnya, makanan favorit tuh

    Noe said:
    September 22, 2015 at 12:32 pm

    Waah, asik yaa, ba bantu2 d rmh sampe bikin cemilan telor gabus segala.. Hihi saluut

    Mugniar said:
    September 23, 2015 at 8:25 am

    Barakallah .. suami Mbak Emi sabar banget 🙂

    Alhamdulillah suami saya juga gak keberatan diminta melakukan ini itu oleh saya, kerjaan di dapur, Mbak … macam membersihkan ikan dll.

    Eh, penasaran, kalo mancing itu, selama nungguin ada ikan yang nyanglut, suaminya ngapain saja, Mbak? Apakah ngobrol sama sesama teman memancing?

    kutukamus said:
    September 28, 2015 at 3:33 pm

    Saya mancing cuma satu-dua kali waktu SD, itu pun karena diajak. Yang saya tak habis heran, itu ikan-ikan kok selalu lebih berminat denan umpan di kail-kail sebelah ya? (padahal sama persis lho) Dan saya juga sudah terus-menerus merapal mantra “Mari ikan, sini..sini..” Tetap nggak tembus!

      Emi Afrilia responded:
      September 30, 2015 at 2:18 am

      Ha..ha…mungkin si ikan berprinsip bahwa umpan tetangga lebih menggoda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s