Bugar Dengan Powernap

Posted on Updated on

Kalo di sinetron-sinetron, sosok ibu rumah tangga itu digambarkan sebagai sosok yang suka ngerumpi dengan tetangga dan kepoan, di rumah suka pake dasteran (nah, kalo ini saya banget..), rambut dipasangi rol rambut dan dipelipisnya ditempeli koyo. Parahnya lagi, mukanya digambarkan lusuh dan lecek. Beda banget dengan penggambaran sosok wanita karier yang penampilannya selalu gaya, modis dan elegan. Sebel sih tapi penggambaran yang dibuat sinetron itu berdasarkan realita yang ada di masyarakat. Biar menarik, tentu saja ditambahi dengan ‘bumbu-bumbu’ biar makin drama.

Kenapa bisa kayak gitu?? Soalnya jadi ibu rumah tangga itu sebuah pekerjaan yang sangat berat dan mulia. Saking beratnya terkadang tidak sempat untuk mengurusi diri sendiri, ya kan? Sebagai IRT kita harus memastikan rumah harus bersih dan rapi, menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarga, mendampingi dan mengajari anak belajar. Terkadang IRT juga merangkap jadi tukang ojek untuk mengantar dan menjemput anak sekolah. Lebih berat lagi kalo jadi IRT tanpa bantuan ART. Badan bisa gempor. Karena beratnya tugas dan tanggung jawab seorang ibu maka derajatnya lebih tinggi tiga tingkat dibandingkan ayah.

Kalo badan terasa gempor otomatis muka jadi ikutan lecek. Aura cantiknya jadi ga keluar. Nah, biar tetep bugar terus walo harus mengerjakan pekerjaan rumah yang seabreg-abreg, kita perlu melakukan powernap setiap harinya.  Sstt…powernap bisa dilakukan siapa saja. Ga cuma IRT. Pekerja kantoran pun bisa melakukan ini untuk memulihkan tenaga.

Powernap adalah aktivitas tidur sejenak untuk memulihkan tenaga. Waktu yang diperlukan untuk powernap cuma LIMA MENIT SAJA. Kok bisa tidur lima menit bisa membuat badan kembali bugar? Menurut Hiromi Sinya dalam bukunya The Miracle Of Enzime, istirahat dan tidur bisa mengembalikan fungsi-fungsi seluruh tubuh yang sudah lemah seperti aliran darah, aliran getah bening, sistem saraf dan sekresi internal agar kembali normal.

106_1115
Buku ini sangat recomended banget lho

Saat dalam keadaan terbangun dan aktif, kita menggunakan semakin banyak enzim. Tapi jika beristirahat dalam posisi yang relaks, berbagai fungsi tubuh juga beristirahat selama saat itu dan enzim tidak digunakan untuk beraktivitas maupun bergerak. Enzim-enzim pun bebas untuk bekerja di area-area yng kelelahan untuk membantu mengisi tenaga dan mengembalikan homeostatis. Yang paling penting dalam powernap adalah beristirahat dalam posisi yang rileks sehingga bisa tidur dengan pulas walo cuma lima menit saja.

Powernap itu seperti mencharge tenaga dan pikiran yang sudah lowbat. Kapan waktunya melakukan powernap? Setiap orang punya tingkat kelelahan yang berbeda-beda. Saat Anda merasa mengantuk secara alami karena rasa lelah, itulah waktu terbaik untuk powernap. Kalo saya biasanya melakukan powernap sepulang menjemput anak sekolah sekitar pukul 14.15 Wib. Biar powernapnya ga ada gangguan, anak-anak disuruh bobo siang cantik dulu. Setelah anak tertidur, baru deh bisa powernap dengan tenang.

100_0480
Tidur yang pules syarat utama powernap

Pernah, saat mo lagi pules-pulesnya tidur, tiba-tiba dibangunin sama si bungsu karena dia mau BAB. Kepala langsung pusing mendadak dan badan yang capek jadi makin terasa banget capeknya. Jadi, saat melakukan powernap usahakan bebas dari gangguan yang bisa merusak kepulesan tidur. Toh, waktu untuk powernap tidak lama. Untuk pekerja kantoran bisa melakukan powernap sambil duduk di kursi dengan kaki dinaikkan. Bisa juga dengan tidur dengan cara seperti digambar dibawah ini

20
sumber : intrnet

Syaratnya cuma satu : jangan melakukan powernap saat sedang jam kerja. Bisa-bisa kena marah bos ! Lakukan saat jam istirahat kantor.

Cuma tidur relaks  selama lima menit, badan yang capek dan pegal langsung jadi bugar kembali. Muka pun ikutan segar dan ceria. Saya bisa melanjutkan aktivitas beres-beres rumah dan ngeblog. Aktivitas ngeblog biasa saya lakukan saat anak-anak tidur siang.

Tambahannya, jangan melakukan powernap kalo malam sebelumnya kita begadang, ya. Soalnya suka bablas tidurnya!!!

Advertisements

4 thoughts on “Bugar Dengan Powernap

    febytriawan said:
    June 4, 2015 at 8:18 am

    Hehehe
    aq kyknys blm bd pake powernap mba
    yg ad kl si bayi nangis bawannya tambah pusinyinggg parah yg ada malah makin badmood bukannya mood boster membaik mlh lbh buruk kwkwk

      Emi Afrilia responded:
      June 4, 2015 at 9:22 am

      Powernapnya pas tunggu si baby bobo dulu. Soalnya kl ga mencuri-curi waktu untuk powernap, badan kita akan terasa banget capeknya

    nindi azzahra said:
    June 9, 2015 at 12:56 pm

    belum pake powernap mbak,,hehe terimaaksih infonya bisa dijadikan referensi nih :))

      Emi Afrilia responded:
      August 12, 2015 at 11:59 pm

      Sekali2 dicoba powernap. Sekali coba pasti ketagihan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s