Keluarga Sakinah adalah Keluarga Kaya?

Posted on Updated on

Kata-kata sakinah mawaddah dan warahma tentu sudah sangat familiar di telinga kita. Terutama saat menghadiri acara pernikahan. Hampir setiap ustad yang memberikan khotbah pernikahan selalu menyinggung hal itu. Tapi bagaimana membentuk keluarga sakinah dilihat dari kacamata perencana keuangan?

Tulisan ini saya sarikan dari makalah yang dibuat oleh Ahmad Gozali, seorang perencana keuangan yang menjadi nara sumber dalam bincang cerdas mengelola keuangan keluarga yang diadakan oleh Rumah Zakat Indonesia pada tahun 2008 yang la

Menurut Ahmad Gozali, berbicara masalah rumah tangga sakinah berdasar hadis Rasulullah SAW, ada empat ciri umum yaitu rumah yang luas, kendaraan yang baik, istri yang sholeh serta rejeki yang halal dan baik.

Keempat ciri tersebut kalo dilihat dari sudut pandang perencana keuangan bisa disimpulkan bahwa keluarga sakinah adalah keluarga kaya. Baik itu kekayaan dalam arti harta maupun kekayaan batin.

Rumah Yang Luas

Kriteria rumah yang baik adalah lapang di hati, besar secara fisik, milik sendiri dan berada dalam lingkungan yang baik. Maksud lapang dihati adalah rumah yang bisa membuat kita merasa nyaman, betah atau kerasan. Seperti hadis Rasulullah yang berbunyi rumahku adalah surgaku.

Gozali kembali menyitir sebuah hadis Rasulullah yang berbunyi dari Nafi bin Harits RA, Ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : merupakan kebahagian seseorang adalah tetangga yang shalih, kendaraan yang menyenangkan dan rumah yang besar (HR.AHMAD)

Jadi untuk mewujudkan keluarga sakinah adalah memiliki rumah sendiri, bukan sekedar menyewa, rumah yang besar secara fisik, lapang dan nyaman untuk ditinggali serta terletak di lingkungan yang baik

Kendaraan Yang Baik

Ciri kedua keluarga sakinah adalah memiliki kendaraan yang baik. Dengan adanya alat transportasi maka akan memudahkan mobilitas anggota keluarga untuk beraktifitas baik untuk bekerja, sekolah ataupun berdakwah serta silaturahim.

Jaman modern ini untuk melakukan mobilitas tidak hanya memerlukan alat transportasi saja tapi juga alat komunikasi seperti gadget. Dengan adanya alat komunikasi, manusia bisa terhubung dengan seluruh penjuru dunia.

Istri Yang Sholeh

Ada banyak hadis yang menguraikan ciri istri yang soleh, tapi berkaitan dengan masalah keuangan ada satu hadis yang menyebutkan ciri istrinya yaitu : Tidaklah seorang mukmin memohon sesuatu yang bermanfaat baginya setelah takwa lebih baik dari pada istri yang solehah yaitu istri yang taat ketika diperintahkan, menyenangkan ketika dipandang, berbuat baik ketika bersumpah, serta dapat menjaga diri dan memelihara harta ketika suami tidak ada dirumah (HR. Ahmad)

ciri lain dari istri yang soleh adalah mempunyai sifat qanaah yaitu merasa cukup dengan yang sedikit dan tidak merasa lebih dengan yang banya. Kalau dua ciri pertama mengenai keluarga sakinah menyangkut masalah fisik maka yang ketiga ini adalah perilaku pemiliknya dalam menjaga dan mengelola hartanya. sifat amanah, tidak boros dan bersifat pertengahan diperlukan dalam mengelola keuangan keluarga.

Harta Yang Halal dan Baik

Kekayaan keluarga sakinah harus berasal dari rejeki yang halal lagi baik. Karena rejeki yang tidak halal tidak akan membawa kebaikan sama sekali. Rejeki yang berasal dari sumber haram jika dijadikan nafkah keluarga tidak akan membawa berkah, jika disedekahkan tidak akan diterima dan jika diwariskan akan menambah siksa di akhirat nanti.

Yang dimaksud rejeki halal bukan sekedar halal dzatnya saja tapi juga halal dalam perolehan, penyimpanan dan pengembangannya. Halal secara dzatnya akan mudah kita jaga namun dijaman globalisasi ini cara perolehan rejeki yang halal semakin kabur. Untuk itu diperlukan pemahaman yang baik agar rejeki yang kita peroleh dengan bekerja keras bisa menjadi rejeki yang membawa berkah.

Dari empat ciri diatas bisa disimpulkan bahwa ditinjau dari aspek financial planning, keluarga sakinah adalah keluarga yang kaya yaitu keluarga yang memiliki aset  yang baik, dapat menjaga kekayaan dengan amanah dan berasal dari sumber yang halal lagi baik.

 

Salam

 

cooltext119061551182218

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s